Pages

Sabtu, 13 November 2010

HIDROSFER

- SIKLUS AIR
Hidrosfer atau lapisan air merupakan bagian fisik bumi yang berguna bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Hidrosfer secara khusus dopelajari pada ilmu yang disebut hdrologi. Hidrosfer ialah semua bentuk air yang ada di bumi berbentuk cair, uap maupun padat.
Komposisi molekul air terdiri atas dua atom Hidrogen (H) yang bersenyawa deangan satu atom oksigen (O) yang dikenal dengan rumus kima H2O. kedua jenis atom ini terikat sangat kuat dan hanya terpisah menjadi gas hydrogen dan gas oksigen pada proses tertentu.
Hidrosfer tidak tetap dalam bentuk cair atau padat dan menempati tempat yang tetap, akan tetapi bias mengalami suatu perubahan.
Rangkaian perubahan air, baik mengenai posisi geografisnya maupun mengenai wujud fisinya disebut daur air atau siklus air.
Air yang berada di permukaan bumi, yaitu air tana, danau, sungai rawa, kolam, gletser, dan lautan dipanasi oleh sinar matahari, karena pemanasan itu maka air berubah menjadi uap, kemudian menguap ke atas atau tertiup angin melalui lerang pegunungan. Pada tempat-tampat yang lebih tinggi suhu udara semakin rendah sehingga uap air akan mengalami kondensasi. Kusus pada tempat tempat yang sangat tinggi, di daerah yang beriklim dingin atau daerah beriklim sedang pada musim dingin uap air dapat langsung membeku menjadi salju. Proses ini disebut sublimasi. Sebagai akibat dari proses kondensasi tadi, maka uap air akan berubah menjadi cair dan akhirnya jatuh sebagai hujan. Dalam perjalanannya menuju permukaan bumi baik sebagian maupun seluruhnya, air hujan yang sampai di permukaan bumisebagian akan meresap ke dalam lapisan tanah menjadi air tanah, sebagian lagi akan mengalir di permukaan bumi, dan sisanya akan menguap.
Air tanah lama kelamaan akan keluar menjadi mata air dan selanjutnya mengalir menjadi sungai menuju ke laut atau danau. Setelah itu akan terjadi lagi pemanasan oleh matahari sehingga proses penguapan berulang kembali.

0 komentar:

Posting Komentar